Pengembangan Karir Berbasis Karya Tulis Ilmiah

Memasuki era 2013 bidang pendidikan dan pembelajaran, merupakan awal babak baru paradigma pengembangan kompetensi guru yang berimplikasi pada penjenjangan karir melalui kenaikan pangkat jabatan fungsional guru model baru. Dalam paradigma baru ini, kenaikan pangkat jabatan fungsional guru harus mengikuti ketentuan dan peraturan baru dari Menteri Negara Pendayagunaan  Aparatur Negara  & Reformasi Birokrasi melalui Permengpan & RB No. 39 tahun 2009 Salah satu point utama dalam peraturan tersebut adalah bahwa setiap guru yang naik pangkat dan golongan dari III/b ke atas dst. wajib memenuhi komponen Pengembangan Diri dan Publikasi Ilmiah/Karya Inovasi.

Untuk memasuki era kinerja ini, maka guru perlu mempersiapkan diri sedini mungkin kemampuannya menghasilkan karya Publikasi Ilmiah dan Karya Inovasi dalam bidang pembelajara sesuai bidang mata pelajarannya masing-masing. Program BERMUTU yang dmotori oleh Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Pendidikan Dasar telah mengawali perubahan paradigma tersebut di atas dengan memfasilitasi semua kelompok kerja guru MGMP dan KKG, khususnya untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA (Biologi dan Fisika).  Awal perubahan paradigma yang berjalan selama 3 (tiga) tahun kegiatan, yakni mulai 2009/2010 hingga 2011/2012 atau yang tahap kedua mulai 2010/2011 hingga 2012/2013 ini telah memberikan bekal awal yang cukup memadai bagi para guru mata pelajaran pada 5 (lima) mata pelajaran tersebut. Namun demikian, sebagai sebuah proses awal masih menyisakan banyak hal yang perlu pengondisian lebih lanjut bagi para guru alumnnya.

Mengawal produk Bermutu, maka program Bimbingan Teknis Pengembangan Karir PTK Dikdas 2012 diluncurkan bagi kelompok kerja MGMP di tanah air untuk MGMP Reguler semua mata pelajaran. Harapannya, program ini mampu mendorong dan mengantarkan guru mata pelajaran menghasilkan produk-produk karya publikasi ilmiah, yang antara lain berupa Laporan Hasil Penelitian (PTK), Artikel Ilmiah hasil penelitian, dan Artikel Ilmiah non penelitian.  Ketiga kategori karya tulis tersebut merupakan produk yang dihasilkan dari kegiatan Bimtek Pengembangan Karir PTK  Dikdas pada MGMP dan Satlakdk TNI.

Berikut adalah judul-judul karya tulis yang telah dihasilkan oleh anggota MGMP Matematika SMP Reguler Kabupaten Pangkep pada periode kegiatan tersebut. Sambil menunggu terkumpulnya produk lainnya yang sementara dalam penyelesaian oleh peserta, kami sajikan karya-karya peserta dalam tautan berikut.

Untuk teman-teman editor Jurnal Ruang Kartesian, silahkan download file-file yang SESUAI NASKAH ARTIKEL yang kami kirimkan pada kesempatan yang lalu.

BILANGAN DAN SISTEM BILANGAN (aisyah)

Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan (aisyah)

PENDEKATAN HYPNOTEACHING DENGAN SETTING KOOPERATIF (arni)

CARA MENEMUKAN TRIPEL PYTHAGORAS (arni)

SPREADSHEET EXCEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERSAMAAN GARIS LURUS (asnawi)

Alat Peraga Whiteboard Kartesius (asnawi)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI PENERAPAN MPP (budi)

PENERAPAN MPP PADA PEMBELAJARAN BRSL (budi)

Moddel Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) (darto)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF (darto)

PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT KELAS VII SMP (hafiana)

PENGGUNAAN TABEL PD OPERASI PERKALIAN BENTUK ALJABAR (hafiana)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBASIS TEORI BRUNER DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG (wana)

PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (wana)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KATBAR (isni)

ASAS-ASAS DIDAKTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (isni)

MENGAJAR BANGUN RUANG SISI LENGKUNG (latuo)

MENINGKATKAN DAYA SERAP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 NEGERI PADA POKOK BAHASAN FAKTORISASI BENTUK ALJABAR MELALUI PEMBELAJARAN REMEDIAL (latuo)

Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Perkalian Aljabar Dengan Menggunakan Alat Peraga Blokar (lisna)

REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP (lisna)

MENENTUKAN KOORDINAT DENGAN PAKU MADING (mardani)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PpEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) (mardani)

MATEMATIKA SEBAGAI PEMECAH MASALAH (mardiyah)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 3 SATAP TOTAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATEMATIKA (mardiyah)

MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA (mirwati)

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP (mirwati)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN FAKTORISASI SUKU ALJABAR MELALUI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (sahara)

PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA SETTING KOOPERATIF (sahara)

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN METAKOGNISI (syamsuddin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s